Sunday, March 17, 2019

Renungan kita Sebagai pendidik ( Curhatan Hati IT Volentier )

*Syairku sadiiiisss.....*


*Press Release KEGIATAN IT Volunteers BLC TELKOM di SMPN 3 Mojosongo Boyolali*

*Judul DADI CONTO (Menjadi Contoh)*

Saat ini selama 2 minggu mulai tgl 11 Maret 2019, kami BLC TELKOM KLATEN telah mengirimkan anak-anak magang untuk menjadi *IT Volunteers lokasi di SMPN 3 Mojosongo Boyolali*, total sembanyak 8 orang anak.

Target dan tujuan dari kegiatan ini, untuk *Membangun Sistem Informasi Manajemen Pendidikan berbasis IT di SMPN 3 Mojosongo* sebagai *Pilot Project Pendidikan berbasis IT yg akan diresmikan oleh Bupati Boyolali*

*Outcome* yg menjadi target hasil dari kegiatan ini :
1. Tersedianya jaringan interkoneksi di lokasi sekolah hingga ruang kelas (sebelumnya belum ada)
2. Tersedianya website sekolah sebagai pusat informasi publik dan identitas sekolah (sebelumnya belum ada)
3. Tersedianya *Portal Sistem Informasi Pendidikan* sebagai gateway untuk implementasi *Aplikasi Sistem & Materi Pembelajaran, Sistem Absensi Online, Sistem Ulangan & Penilaian Online Berbasis Mobile, Pusat Data Administrasi & Keuangan Sekolah, Email Server resmi sekolah, Pusat Data Buku Pembelajaran Elektronik* (sebelumnya belum ada)
4. Guru, siswa dan tenaga administrasi sekolah *terampil* & *bisa menggunakan aplikasi secara optimal* (dalam bentuk training dan pelatihan).

*Hikmah yg kami dapatkan dari kegiatan ini*, ternyata *menjadi guru itu tidaklah mudah*, sebenarnya untuk menjadi guru asalkan memiliki ijazah kependidikan dan memenuhi syarat administrasi serta lolos test (baik cara bersih atau dg KKN), dan kadang untuk peningkatan kompetensi dan bersertifikasi yg penting didukung kepala sekolah masalah dana menjadi mudah, termasuk mendapatkan sertifikasi keahlihan yg model seperti ini guru sudah mengerti cara memperolehnya.

*Pertanyaannya, semua itu untuk siapa ?*
Ternyata *MENGAJAR itu MUDAH - MENJADI CONTOH itu LEBIH SULIT* dibanding *sekedar menjadi guru* (red: bagi yg sekedar lho)

*Semoga anak-anak IT Volunteers ini hidupnya bisa lebih menjadi berarti !*
Kalau anak-anak kita pun bisa, kenapa kita harus susah ?
Semoga hal ini mengingatkan kita *pentingnya makna BERSYUKUR*

Salam hormat,
*Mbah Suro Dhemit* 🙏🙏🙏


No comments:

Post a Comment