Saturday, October 13, 2018

Pengaturan untuk router dan jalur akses Wi-Fi

Pengaturan yang disarankan untuk router dan jalur akses Wi-Fi

Pengaturan router Wi-Fi (atau pemancar Wi-Fi) ini adalah untuk semua komputer Mac dan perangkat iOS. Pengaturan tersebut memberikan kinerja, keamanan, dan keandalan terbaik ketika Wi-Fi digunakan.
Artikel ini ditujukan bagi administrator jaringan dan orang yang ingin mengelola jaringan mereka sendiri. Jika Anda mencoba bergabung dengan jaringan Wi-Fi, salah satu artikel berikut akan membantu:
  • Mac: Menyambung ke Internet dan memeriksa masalah Wi-Fi
  • iPhone, iPad, iPod touch: Bergabung ke jaringan Wi-Fi dan mengatasi masalah Wi-Fi

Ikuti langkah-langkah berikut terlebih dahulu

Sebelum mengubah pengaturan, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Pastikan firmware router Wi-Fi sudah diperbarui. Untuk AirPort Time Capsule, AirPort Extreme, atau Pemancar AirPort Express, periksa firmware terbaru menggunakan Utilitas AirPort.
  • Pastikan perangkat Wi-Fi Anda mendukung pengaturan yang disarankan artikel ini.
  • Jika memungkinkan, cadangkan pengaturan router Wi-Fi tersebut.
  • Lupakan atau hapus pengaturan Wi-Fi untuk jaringan dari perangkat mana pun yang terhubung ke router Wi-Fi. Hal ini akan menyebabkan perangkat tidak dapat mencoba terhubung ke jaringan menggunakan konfigurasi yang lama. Anda harus menyambungkan kembali perangkat tersebut ke jaringan setelah selesai menerapkan pengaturan baru.
  • Konfigurasikan semua router Wi-Fi di jaringan yang sama dengan pengaturan yang sama. Jika tidak, perangkat akan sulit terhubung ke jaringan, atau jaringan tidak dapat diandalkan. 
  • Jika Anda menggunakan router Wi-Fi dual-band, konfigurasikan kedua band agar pengaturannya sama, kecuali seperti yang dijelaskan di bawah.

Nama jaringan SSID atau Wi-Fi

SSID (pengidentifikasi rangkaian layanan), atau nama jaringan, akan mengidentifikasi jaringan Wi-Fi untuk pengguna dan perangkat Wi-Fi lainnya. SSID peka huruf besar dan kecil.
Atur ke: Nama unik
Pilih nama yang unik untuk jaringan dan tidak dibagikan oleh jaringan di sekitar lainnya atau jaringan yang kemungkinan Anda temukan. Jika router dilengkapi SSID default, penting untuk mengubahnya dengan nama yang unik. Nama SSID default umum yang harus dihindari adalah linksysnetgeardlinkwireless2wire, dan default.
Jika SSID tidak unik, perangkat Wi-Fi akan sulit mengenali jaringan. Hal ini dapat mengakibatkan kegagalan untuk tersambung secara otomatis ke jaringan, atau menyambungkan ke jaringan lainnya yang berbagi SSID yang sama. Hal ini juga dapat mencegah perangkat Wi-Fi menggunakan semua router di jaringan Anda, atau mencegah mereka menggunakan semua band router yang tersedia.

Jaringan tersembunyi

Jaringan tersembunyi tidak menyiarkan SSID-nya melalui Wi-Fi. Pilihan ini mungkin salah dianggap sebagai jaringan tertutup, dan status tidak tersembunyi yang berlaku mungkin dianggap sebagai penyiaran.
Atur ke: Nonaktif
Karena jaringan tersembunyi tidak menyiarkan SSID-nya, perangkat mungkin perlu waktu lebih lama untuk menemukannya dan tersambung dengannya. Menyembunyikan jaringan tidak mengamankan jaringan Wi-Fi, karena SSID masih bisa ditemukan dengan cara lain. Anda harus selalu mengaktifkan keamanan di router Wi-Fi.

Pengesahan atau pemfilteran alamat MAC

Membatasi akses ke router Wi-Fi untuk perangkat dengan alamat MAC (Media Access Control) tertentu.
Atur ke: Nonaktif
Bila diaktifkan, fitur ini memungkinkan pengguna mengonfigurasi daftar alamat MAC untuk router Wi-Fi, dan membatasi akses ke perangkat dengan alamat yang ada dalam daftar. Perangkat dengan alamat MAC yang tidak ada dalam daftar akan gagal terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Alamat MAC dapat diubah secara mudah, jadi jangan bergantung pada alamat tersebut untuk mencegah akses tidak sah ke jaringan.
iOS 8 dan versi lebih baru menggunakan alamat MAC acak bila menjalankan pemindaian Wi-Fi. Pemindaian ini dilakukan ketika perangkat tidak dikaitkan dengan jaringan Wi-Fi dan prosesornya sedang tidur. Prosesor perangkat akan tidur tidak lama setelah layar dimatikan. Pemindaian Wi-Fi dijalankan untuk menentukan apakah pengguna dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi pilihan. Pemindaian Wi-Fi yang disempurnakan akan dijalankan bila perangkat menggunakan Layanan Lokasi untuk aplikasi yang menggunakan penentuan lokasi, seperti pengingat berdasarkan lokasi, yang menentukan jika perangkat berada di dekat lokasi tertentu.

Keamanan

Pengaturan keamanan mengontrol jenis autentikasi dan enkripsi yang digunakan router Wi-Fi, yang memungkinkan Anda mengontrol akses ke jaringan dan menentukan tingkat privasi untuk data yang dikirim melalui udara.
Atur ke: WPA2 Pribadi (AES)
WPA2 Pribadi (AES) saat ini merupakan bentuk keamanan terkuat yang ditawarkan oleh produk Wi-Fi, dan disarankan untuk semua penggunaan. Saat mengaktifkan WPA2, pastikan Anda memilih kata sandi kuat yang tidak dapat ditebak oleh pihak ketiga.
Jika Anda memiliki perangkat Wi-Fi lama yang tidak mendukung WPA2 Pribadi (AES), pilihan kedua yang baik adalah Mode WPA/WPA2, yang juga disebut dengan Mode Campuran WPA. Mode ini memungkinkan perangkat baru menggunakan enkripsi WPA2 AES yang lebih kuat, sementara tetap memungkinkan perangkat lama tersambung dengan enkripsi tingkat TKIP WPA lama. Jika router Wi-Fi Anda tidak mendukung mode WPA/WPA2, mode WPA Pribadi (TKIP) merupakan pilihan terbaik berikutnya.
Untuk alasan kompatibilitas, keandalan, kinerja, dan keamanan, WEP tidak disarankan. WEP tidak aman dan fungsinya sudah usang. Jika Anda harus memilih antara WEP dan TKIP, pilih TKIP.
Karena sangat lemahnya keamanan, metode enkripsi WEP dan WPA TKIP dianggap usang dan sebaiknya tidak digunakan. Hanya gunakan mode ini jika perlu untuk mendukung perangkat Wi-Fi lama yang tidak mendukung WPA2 AES dan tidak dapat ditingkatkan untuk mendukung WPA2 AES. Perangkat yang menggunakan metode enkripsi usang tidak dapat memanfaatkan kinerja serta fitur-fitur 802.11n dan 802.11ac lainnya secara maksimal. Karenanya, Aliansi Wi-Fi telah mengatur industri Wi-Fi untuk menghentikan WEP dan WPA TKIP.
Jika keamanan diatur ke mode Tidak Ada atau tidak dilindungi, Anda tidak menggunakan autentikasi atau enkripsi. Siapa pun dapat bergabung ke jaringan Wi-Fi, menggunakan sambungan Internet, mengakses sumber daya bersama di jaringan, dan membaca lalu lintas yang dikirim melalui jaringan. Penggunaan jaringan yang tidak aman tidak disarankan.

Mode radio 2,4 GHz

Pengaturan ini mengontrol versi standar 802.11n/ac yang akan digunakan jaringan komunikasi nirkabel pada band 2,4 GHz.
Diatur ke: Otomatis atau 802.11n/ac
Router yang mendukung 802.11 harus dikonfigurasi untuk 802.11n/ac agar memperoleh kecepatan dan kompatibilitas maksimum. Berbagai router Wi-Fi mendukung beberapa mode radio, jadi pengaturan akan tergantung pada router. Secara umum, memungkinkan dukungan untuk semua mode. Perangkat dapat memilih mode umum tercepat yang didukung secara otomatis untuk berkomunikasi. Memilih subrangkaian mode yang tersedia mencegah beberapa perangkat tersambung. Misalnya, perangkat 802.11ac tidak dapat tersambung ke router Wi-Fi dalam mode 802.11n saja. Selain itu, memilih subrangkaian mode yang tersedia dapat menimbulkan gangguan dengan jaringan lama di sekitar, dan perangkat lama di sekitar dapat mengganggu jaringan.

Mode radio 5 GHz

Pengaturan ini mengontrol versi 802.11a/b/g/n standar yang digunakan jaringan untuk komunikasi nirkabel pada band 5 GHz. Standar lebih baru mendukung laju transfer lebih cepat, serta standar lebih lama dapat kompatibel dengan perangkat lebih lama dan jangkauan lainnya.
Diatur ke: Otomatis atau 802.11n/ac
Router yang mendukung 802.11n harus dikonfigurasi untuk mode 802.11n/ac agar memperoleh kecepatan dan kompatibilitas maksimum. Berbagai router Wi-Fi mendukung beberapa mode radio, jadi pengaturan akan tergantung pada router. Secara umum, memungkinkan dukungan untuk semua mode. Perangkat dapat memilih mode umum tercepat yang didukung secara otomatis untuk berkomunikasi. Memilih subrangkaian mode yang tersedia mencegah beberapa perangkat lama tersambung. Misalnya, perangkat 802.11ac tidak dapat tersambung ke router Wi-Fi dalam mode 802.11n saja. Selain itu, memilih subrangkaian mode yang tersedia dapat menimbulkan gangguan dengan jaringan lama di sekitar, dan perangkat lama di sekitar dapat mengganggu jaringan.

Saluran

Pengaturan ini mengontrol saluran yang digunakan router Wi-Fi untuk berkomunikasi.
Atur ke: Otomatis
Untuk kinerja terbaik, pilih mode "Otomatis" dan biarkan router Wi-Fi memilih saluran terbaik. Jika mode ini tidak didukung router Wi-Fi, pilih saluran yang bebas dari router Wi-Fi dan sumber gangguan lainnya. Baca mengenai kemungkinan sumber gangguan.

Lebar saluran 2,4 GHz

Lebar saluran mengontrol seberapa besar "pipa" yamg tersedia untuk mentransfer data. Namun, saluran yang lebih besar lebih sering terkena gangguan dan berkemungkinan lebih besar mengalami gangguan dengan perangkat lainnya. Saluran 40 MHz terkadang disebut saluran besar, dan saluran 20 MHz adalah saluran kecil.
Atur ke: 20 MHz
Gunakan saluran 20 MHz pada band 2,4 GHz. Menggunakan saluran 40 MHz pada band 2,4 GHz dapat menyebabkan masalah kinerja dan keandalan pada jaringan Anda terutama jika ada jaringan Wi-Fi lainnya dan perangkat 2,4 GHz lainnya. Saluran 40 MHz juga dapat menimbulkan gangguan dan masalah dengan perangkat lain yang menggunakan band ini, seperti perangkat Bluetooth, telepon nirkabel, dan jaringan Wi-Fi di sekitar. Router yang tidak mendukung saluran 40 MHz pada band 2,4 GHz mendukung saluran 20 MHz.

Lebar saluran 5 GHz

Lebar saluran mengontrol seberapa besar "pipa" yang tersedia untuk mentransfer data. Saluran yang lebih besar rentan terhadap gangguan, dan berkemungkinan lebih besar mengalami gangguan dengan perangkat lainnya. Gangguan akan lebih sedikit jika berada pada band 5 GHz daripada pada band 2,4 GHz. Saluran 40 MHz terkadang disebut saluran besar, dan saluran 20 MHz adalah saluran kecil.
Atur ke:Untuk jalur akses 802.11n, atur band 5 GHz ke 20 MHz dan 40 MHz.
Untuk jalur akses 802.11ac, atur band 5 GHz ke 20 MHz, 40 MHz, dan 80 MHz.
Untuk kinerja dan keandalan terbaik, aktifkan dukungan untuk semua lebar saluran. Hal tersebut akan memungkinkan perangkat menggunakan lebar terbesar yang didukung, yang menghasilkan kinerja dan kompatibilitas yang optimal. Tidak semua perangkat klien mendukung saluran 40 MHz, jadi jangan mengaktifkan mode 40 MHz saja. Perangkat yang hanya mendukung saluran 20 MHz tidak dapat tersambung ke router Wi-Fi dalam mode 40 MHz saja. Sama seperti hal di atas, jangan mengaktifkan mode 80 MHz saja, atau hanya klien yang berkemampuan 802.11ac yang akan dapat terhubung. Router yang tidak mendukung saluran 40 MHz atau 80 MHz mendukung saluran 20 MHz.

DHCP

Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) menetapkan alamat yang mengidentifikasi perangkat di jaringan. Setelah ditetapkan, perangkat akan menggunakan alamat ini untuk berkomunikasi dengan perangkat lain dan komputer di Internet. Fungsi server DHCP dianggap serupa dengan perusahaan telepon yang membagikan nomor telepon, yang kemudian digunakan pelanggan untuk menelepon orang lain.
Atur ke: Aktif, jika hanya server DHCP tersebut yang ada di jaringan
Hanya boleh ada satu server di jaringan DHCP. Server DHCP ini mungkin terintegrasi dalam modem kabel, modem DSL, atau router Anda. Jika lebih dari satu perangkat yang mengaktifkan DHCP, Anda kemungkinan akan melihat konflik alamat dan masalah mengakses Internet atau sumber daya lainnya di jaringan.

NAT

Network address translation (NAT) menerjemahkan alamat di Internet dan alamat di jaringan lokal. Fungsi penyedia NAT adalah seperti pekerja di ruang surat kantor yang mengambil alamat kantor dan nama karyawan dari surat yang masuk dan menggantikannya dengan nomor kantor tujuan di sebuah gedung. Hal ini memungkinkan orang di luar kantor untuk mengirim informasi kepada orang tertentu di dalam gedung.
Atur ke: Aktif, jika hanya router tersebut yang memberikan layanan NAT di jaringan
Umumnya, hanya aktifkan NAT di perangkat yang berperan sebagai router untuk jaringan Anda. Ini biasanya modem kabel, modem DSL, atau router mandiri Anda, yang juga dapat berfungsi sebagai router Wi-Fi. Menggunakan NAT di lebih dari satu perangkat disebut NAT ganda, dan dapat menimbulkan masalah dalam mengakses layanan Internet, seperti game, Voice Over IP (VoIP), Virtual Private Network (VPN), dan komunikasi di berbagai tingkat NAT di jaringan lokal.

WMM

Wi-Fi Multimedia (WMM) memprioritaskan lalu lintas jaringan berdasarkan empat kategori akses, yakni suara, video, upaya terbaik, dan latar belakang.
Atur ke: Aktif
Semua jalur akses 802.11n dan 802.11ac harus mengaktifkan WMM pada konfigurasi default. Menonaktifkan WMM dapat menyebabkan masalah di seluruh jaringan, bukan hanya produk Apple di jaringan tersebut.

Layanan Lokasi

Negara atau kawasan tertentu memiliki peraturan tentang kekuatan sinyal nirkabel dan penggunaan saluran Wi-Fi. Bila Anda bepergian ke negara atau kawasan lain, pastikan Layanan Lokasi diaktifkan di perangkat agar Anda dapat tersambung ke jaringan Wi-Fi di negara atau kawasan tersebut.
Di Mac:
  1. Pilih menu Apple > Preferensi Sistem, lalu klik Keamanan & Privasi. 
  2. Klik  di sudut jendela, lalu masukkan kata sandi.
  3. Di panel Privasi, pilih Layanan Lokasi, lalu pilih Aktifkan Layanan Lokasi.
  4. Gulir ke bawah daftar aplikasi dan layanan, lalu klik tombol Detail di sebelah Layanan Sistem.
  5. Dalam dialog detail, pilih Jaringan Wi-Fi.
Di iPhone, iPad, atau iPod touch:
  1. Buka Pengaturan > Privasi, lalu aktifkan Layanan Lokasi.
  2. Gulir ke bawah daftar, ketuk Layanan Sistem, lalu aktifkan Jaringan Wi-Fi.

Jaringan Wi-Fi operator nirkabel

Jaringan Wi-Fi operator nirkabel adalah jaringan yang dikonfigurasi oleh operator dan mitranya. iPhone menganggap mereka sebagai jaringan yang dikenal dan tersambung dengannya secara otomatis. Jika muncul "Peringatan Privasi" di dalam nama jaringan operator pada Pengaturan Wi-Fi, identitas seluler Anda mungkin menjadi terbuka jika hotspot berbahaya meniru jaringan Wi-Fi operator Anda.

No comments:

Post a Comment