Wednesday, October 26, 2016

Trik Mempercepat Kerja PC / Laptop

Sampah komputer yang menumpuk dapat menghambat kinerja komputer dan membuat hardisk membengkak. Sampah komputer dapat terdiri dari file-file temporary atau file sementara yang digunakan dalam instalasi, ekstraksi file, prefetch, log, cache browser atau bahkan file yang sengaja dibuang. Untuk menghapus file sampah ini sebenarnya banyak sekali software utility yang menawarkan fitur ini. Tapi jika kita dapat menghapus sampah komputer tanpa software, kenapa kita tidak mencobanya? Cara ini aman dan tidak akan mengganggu performa komputer, malah meningkatkan kinerja komputer yang cukup signifikan karena hardisk bersih dari file yang sudah tidak berguna lagi. Adapun caranya kita dapat menghapus manual dari folder sampah atau secara otomatis menggunakan script.

Hapus Sampah Komputer & Bersihkan Hardisk

Menghapus Temporary File Manual

Temporary file adalah file sementara yang disimpan windows karena sebelumnya digunakan untuk instalasi program, extract rar zip 7z atau file archiver lainnya. Jika kita membuka file rar atau zip secara langsung maka file tersebut akan diekstrak secara otomatis pada folder temp. Windows secara default tidak menghapus file-file ini maka lama kelamaan file ini akan membengkak dan menyita space hardisk. Untuk menghapus file temp ini sangat mudah, cukup jalankan : 
- Run (tekan tombol Win + R) ketik %temp% » folder temp akan otomatis terbuka, setelah itu tinggal hapus semua file yang ada di sana. Jika ada sebagian file tidak mau terhapus maka biarkan saja, kemungkinan file itu masih terpakai oleh Windows.

Menghapus Prefetch Manual
Prefetch juga sama halnya seperti temporary file, hanya sifatnya prefetch digunakan untuk fetching file yang sering diakses windows. Untuk menghapus prefetch ini sama saja dengan cara di atas hanya perintahnya saja yang beda.

Buka Run (tekan tombol Windows + R) ketik Prefetch dan hapus semua file yang ada di folder prefetch dan jangan lupa hapus pula dari Recycle Bin.

Script Pembersih Sampah Otomatis
Cara menghapus sampah komputer yang paling mudah adalah dengan menggunakan script, di dalam script ini sudah dilengkapi dengan perintah untuk menghapus file sampah komputer lengkap. Dua cara sebelumnya (menghapus temp dan prefetch) juga sudah termasuk dalam script ini. Selain itu file sampah yang dihapus script ini meliputi file old checkdisk, bak, cookies, temporary internet file, recent document dan lain-lain. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat script penghapus sampah komputer, Caranya kita buat file TXT di Notepad (klik kanan – New – TextDocument) lalu isi dengan script ini:
del /f /s /q %systemdrive%\*.tmp
del /f /s /q %systemdrive%\*._mp
del /f /s /q %systemdrive%\*.gid
del /f /s /q %systemdrive%\*.chk
del /f /s /q %systemdrive%\*.old
del /f /s /q %systemdrive%\recycled\*.*
del /f /s /q %windir%\*.bak
del /f /s /q %windir%\prefetch\*.*
rd /s /q %windir%\temp & md %windir%\temp
del /f /q %userprofile%\cookies\*.*
del /f /q %userprofile%\recent\*.*
del /f /s /q "%userprofile%\Local Settings\Temporary Internet Files\*.*"
del /f /s /q "%userprofile%\Local Settings\Temp\*.*"
del /f /s /q "%userprofile%\recent\*.*"
Save script tersebut dan tutup, setelah itu ubah nama dan ekstensinya menjadi “penghapussampah.bat”. Script sudah selesai (atau download script hapussampah.bat. Jika ada aplikasi IDM coba di non aktifkan atau tetap di biarkan karena IDM akan merubah file bat ini jadi exe maka ubah lagi file ini menjadi “hapussampah.bat”. Tenang aja ini bukan script virus kok, IDMnya aja yg missinterpret), untuk menjalankannya tinggal klik dua kali dan script akan bekerja otomatis menghapus file sampah pada hardisk komputer secara otomatis. Jangan lupa simpan script penghapus sampah ini di hardisk Anda, jadi bisa digunakan di lain waktu. 

Demikian, semoga bermanfaat.

Sumber:http://blog.finderonly.net/2014/hapus-sampah-komputer-bersihkan-hardisk-tanpa-software.html

No comments:

Post a Comment